Pengantar Teknologi Game

“game” yang berarti permainan.
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.
Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :
1.      Keinginan
2.      Daya Khayal
3.      Menentukan genre permainan, misalnya
    Berdasarkan genre permainannya :
-          Aksi – Shooting
-          Fighting ( pertarungan )
-          Aksi – Petualangan
-          Petualangan
-          Simulasi, konstruksi dan manajemen
-          Role playing
-          Strategi, game jenis ini terbagi atas :
        1. Real time strategy
        2. Turn based strategy
-          Puzzle
-          Simulasi kendaraan
    Kategori lainnya :
-          Multiplayer Online
-          Casual games
-          Edugames
-          Advergames


4.      Software yang dibutuhkan untuk pembuatan game, antara lain :

-          The 3D Gamemaker
-          3D RPG BUILDER
-          Game Maker
-          RPG Maker
-          FPS Creator

Dari macam – macam Software yang ada di atas kita bisa simpulkan bahwa dalam membuat sebuah game kita dapat menggunakan beragam bahasa pemrogramaan tergantung dari jenis game yang akan di buat itu sendiri
Tahap pembuatan game :
1.       Pre-production
2.       Production
3.       Testing (pengujian)
4.       Penyelesaian
5.       Pemeliharaan
6.       Durasi
Artificial Intelligence (AI) dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :



-          Penglihatan (vision)
-          Suara (voice), ucapan (speech)
-          Gerakan anggota badan ( gesture)
Tentang Perkembangan Game Saat Ini
Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga perkembangan IT di Indoesia sudah cukup berkembang, tetapi belum dalam berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Beberapa contoh cerita berikut ini diharapkan dapat membuka mata para pembaca sekalian.

Jika anda pergi ke stasiun kereta api Bandung atau Jakarta dan anda ingin membeli karcis kereta api, maka anda harus antri di loket penjualan karcis kereta api yang sudah computerized. Suatu saat sistem penjualan kereta api ini tidak berfungsi sehingga karcis dijual tanpa nomor tempat duduk. Dapat anda bayangkan yang terjadi di atas kereta api, kekacauan. Masalahnya ada yang sudah pesan tempat sebelumnya dan mendapat nomor tempat duduk, sementara ada yang membeli karcis tanpa nomor tempat duduk (karena komputer rusak). Informasi tentang nomor-nomor tempat duduk ini tidak dapat diakses oleh penjual karcis, sehingga terjadi kekacauan.

Untuk melihat betapa kepemilikan informasi merupakan sebuah hal yang penting dapat juga kita lihat dalam kasus ekonomi dan politik yang sedang berlangsung saat ini. Siapa yang memiliki informasi akan dikejar-kejar terus (baik atau buruk?). Bagi media masa yang mendapatkan informasi terdahulu dan menerbitkannya akan memperoleh keuntungan dari larisnya penjualan surat kabar, majalah atau tabloidnya. Bahkan di jalanan ada orang yang menjual fotocopyan dari berita-berita yang ada di surat kabar, majalah, atau tabloid.
Terus bagaimana peran pelajar/mahasiswa terhadap perkembangan IT di Indonesia?
dan bagaimana pencegahan dari hal-hal negatif dari perkembangan IT?
“Akan cukup pesat perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi (information technology) pada tahun 2010, khususnya pada bidang multimedia dan game yang saya geluti. Untuk prediksi masing-masing bidang dideskripsikan seperti list di bawah ini.



Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Perkembangan IT yang cukup pesat tersebut harus diimbangi dengan
kesadaran untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal yang positif. Sehingga sesuai dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi serta alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi serta berkomunikasi.




 Konsep Teknoogi Game

1. Perusahaan Game Gravity, Co Ltd. perusahaan pembuat Game asal Korea.
Progress : Menjadikan game buatan nya sebagai game yang paling digemari
Pemasaran nya di asia meliputi china,negara2 asia tenggara,dan hamper seluruh benua asia,amerika latin,amerika utara,eropa sampai ke afrika
2. Sony Computer Entertainment. Perusahaan Game asal Jepang
Progress : Memperkenalkan pada dunia systemkomputer entertainment yang lebih efisien dan dengan fitur fitur yang menarik
Pemasaran nya di seluruh dunia
3. Electronic Arts (EA)
Progress : Menjadikan game produksi EA sebagai game yang paling detail dalam fitur fitur nya dan yang paling menarik
Pasar : Seluruh dunia
4. Bandai                                                                                                                                
 Progress : Membuat game dengan kuliatas yang tinggi dan agar pemakai game tidak cepat bosan Pemasaran di seluruh dunia
5. Capcom
           Progress : memperlihatkan kefleksibelan dan kekuatan dari sebuah Havok Physics." dan softwarenya merupakan software tercepat dan merupakan engine yang paling mudah diukur yang pernah ada
Pemasaran : diseluruh dunia
6.LucasArts
       Progress : menjadikan game buatan nya sebagai game favorit dan mendidik,bukan hanya hiburan semata.
Pemasaran : seluruh dunia




Software Pembuat Game
Cry Engine
 Cry Engine adalah salah satu Game Engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Beberapa contoh game yang dibuat dengan menggunakan software ini adalah Crysis, Crysis War Head, Crysis 2, FarCry, Alion : Tower of Eternity, dan masih banyak lagi.
Keunggulan dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, dan pencahayaannya juga sangat bagus
Anvil Engine
Tau game Assasin’s Creed khan ? Nah dengan menggunakan Game Engine ini jugalah Ubisoft berhasil membuat game tersebut. Ubisoft menjanjikan kita sebuah game dengan pencahayaan bervolume, lebih banyak interaksi interaktif dengan lingkungan, sistem musim dan cuaca, dan AI yang cerdas dalam Anvil Engine 2.0
Frosbite Engine
Bisa dibilang Game Engine ini adalah saingan IW Engine, karena Grafik yang ditampilkan dalam Engine ini sangatlah dahsyat. Contoh game yang dibuat dengan engine ini sendiri seperti Battlefield 3, Need For Speed The Run, Dll. Namun game engine ini tidak mendukung dengan DX 9, dan juga Windows XP. Tetapi dapat dimaklumi, karena engine ini menggunakan DX 11 secara maksimal, sayapun dibuat kagum akan grafik dahsyat yang ditampilkan dari awal Battlefield 3 dimulai.
Unity 3D
Aplikasi ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game yang paling populer tapi beda jurusan sama Game Maker. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang sudah mahir. Keuntungan ialah gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti cetar membahana tapi sayang, aplikasi ini membutuhkan script yang tentu saja repot.
FPS Creator
Bila anda ingin membuat game seperti Point Blank, Counter Strike, Call of Duty, dll maka anda cocok memakai aplikasi ini karena memang dikhususkan untuk membuat game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan grafik.





Sumber :
http://gilangraden.blogspot.com/2012/03/pengantar-teknologi-game.html
http://farridwirayuda.wordpress.com/aplinet/perkembangan-it-information-technology/
http://try4rt.blogspot.com/2010/03/konsep-teknologi-game.html
http://www.gaptekupdate.com/2013/02/10-software-pembuat-game-terbaik/
http://danielim7.blogspot.com/2013/10/5-aplikasi-pembuat-game-terbaik.html







  

Comments

Popular posts from this blog

Implementasi Komputasi

Bagian-Bagian UML pada Rational Rose

Contoh Dokumen Legal Aspek Pendiri Perusahaan