Pengantar Teknologi Game
“game”
yang berarti permainan.
Computer
game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara
fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer.
Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi
yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus
bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan
merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.
Hal -
hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :
1. Keinginan
2. Daya Khayal
3. Menentukan genre permainan, misalnya
Berdasarkan genre permainannya :
- Aksi – Shooting
- Fighting ( pertarungan )
- Aksi – Petualangan
- Petualangan
- Simulasi, konstruksi dan manajemen
- Role playing
- Strategi, game jenis ini terbagi atas
:
1. Real time strategy
2. Turn based strategy
- Puzzle
- Simulasi kendaraan
Kategori lainnya :
- Multiplayer Online
- Casual games
- Edugames
- Advergames
4. Software yang dibutuhkan untuk pembuatan
game, antara lain :
- The 3D Gamemaker
- 3D RPG BUILDER
- Game Maker
- RPG Maker
- FPS Creator
Dari
macam – macam Software yang ada di atas kita bisa simpulkan bahwa dalam membuat
sebuah game kita dapat menggunakan beragam bahasa pemrogramaan tergantung dari
jenis game yang akan di buat itu sendiri
Tahap
pembuatan game :
1. Pre-production
2. Production
3. Testing (pengujian)
4. Penyelesaian
5. Pemeliharaan
6. Durasi
Artificial
Intelligence (AI) dalam Game
Salah
satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan.
Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami
mungkin layaknya manusia.
Game
AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik
sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan
tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan
kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada
penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia
untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Tentang Perkembangan Game Saat Ini
Sekarang
ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring
dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan
komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Namun hal
tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk
kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang
menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga perkembangan IT di Indoesia sudah
cukup berkembang, tetapi belum dalam berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan
dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Beberapa
contoh cerita berikut ini diharapkan dapat membuka mata para pembaca sekalian.
Jika
anda pergi ke stasiun kereta api Bandung atau Jakarta dan anda ingin membeli
karcis kereta api, maka anda harus antri di loket penjualan karcis kereta api
yang sudah computerized. Suatu saat sistem penjualan kereta api ini tidak
berfungsi sehingga karcis dijual tanpa nomor tempat duduk. Dapat anda bayangkan
yang terjadi di atas kereta api, kekacauan. Masalahnya ada yang sudah pesan
tempat sebelumnya dan mendapat nomor tempat duduk, sementara ada yang membeli
karcis tanpa nomor tempat duduk (karena komputer rusak). Informasi tentang
nomor-nomor tempat duduk ini tidak dapat diakses oleh penjual karcis, sehingga
terjadi kekacauan.
Untuk
melihat betapa kepemilikan informasi merupakan sebuah hal yang penting dapat
juga kita lihat dalam kasus ekonomi dan politik yang sedang berlangsung saat
ini. Siapa yang memiliki informasi akan dikejar-kejar terus (baik atau buruk?).
Bagi media masa yang mendapatkan informasi terdahulu dan menerbitkannya akan
memperoleh keuntungan dari larisnya penjualan surat kabar, majalah atau
tabloidnya. Bahkan di jalanan ada orang yang menjual fotocopyan dari
berita-berita yang ada di surat kabar, majalah, atau tabloid.
Terus
bagaimana peran pelajar/mahasiswa terhadap perkembangan IT di Indonesia?
dan
bagaimana pencegahan dari hal-hal negatif dari perkembangan IT?
“Akan
cukup pesat perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi (information
technology) pada tahun 2010, khususnya pada bidang multimedia dan game yang
saya geluti. Untuk prediksi masing-masing bidang dideskripsikan seperti list di
bawah ini.
Social Gaming
Dampak
perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih
seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang
ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini
dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan
berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini
bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan
gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek
Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi
sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan
gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan
game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di
dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa
platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama
ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan
ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala
mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan
melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat
ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus
bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik
bandwith yang tinggi.
Cloud Computing
Seiring
dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah
lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun
email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk
aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Perkembangan
IT yang cukup pesat tersebut harus diimbangi dengan
kesadaran
untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal yang positif. Sehingga sesuai
dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi serta alat bantu manusia dalam
melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi serta berkomunikasi.
Konsep Teknoogi Game
1.
Perusahaan Game Gravity, Co Ltd. perusahaan pembuat Game asal Korea.
Progress
: Menjadikan game buatan nya sebagai game yang paling digemari
Pemasaran
nya di asia meliputi china,negara2 asia tenggara,dan hamper seluruh benua
asia,amerika latin,amerika utara,eropa sampai ke afrika
2. Sony
Computer Entertainment. Perusahaan Game asal Jepang
Progress
: Memperkenalkan pada dunia systemkomputer entertainment yang lebih efisien dan
dengan fitur fitur yang menarik
Pemasaran
nya di seluruh dunia
3.
Electronic Arts (EA)
Progress
: Menjadikan game produksi EA sebagai game yang paling detail dalam fitur fitur
nya dan yang paling menarik
Pasar :
Seluruh dunia
4.
Bandai
Progress : Membuat game dengan kuliatas yang
tinggi dan agar pemakai game tidak cepat bosan Pemasaran di seluruh dunia
5.
Capcom
Progress : memperlihatkan
kefleksibelan dan kekuatan dari sebuah Havok Physics." dan softwarenya
merupakan software tercepat dan merupakan engine yang paling mudah diukur yang
pernah ada
Pemasaran
: diseluruh dunia
6.LucasArts
Progress : menjadikan game buatan nya
sebagai game favorit dan mendidik,bukan hanya hiburan semata.
Pemasaran
: seluruh dunia
Software Pembuat Game
Cry Engine
Cry Engine adalah salah satu Game Engine yang
dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia
game pada tahun 2004. Beberapa contoh game yang dibuat dengan menggunakan
software ini adalah Crysis, Crysis War Head, Crysis 2, FarCry, Alion : Tower of
Eternity, dan masih banyak lagi.
Keunggulan
dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk
menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, dan pencahayaannya juga
sangat bagus
Anvil Engine
Tau game
Assasin’s Creed khan ? Nah dengan menggunakan Game Engine ini jugalah Ubisoft
berhasil membuat game tersebut. Ubisoft menjanjikan kita sebuah game dengan
pencahayaan bervolume, lebih banyak interaksi interaktif dengan lingkungan,
sistem musim dan cuaca, dan AI yang cerdas dalam Anvil Engine 2.0
Frosbite Engine
Bisa
dibilang Game Engine ini adalah saingan IW Engine, karena Grafik yang
ditampilkan dalam Engine ini sangatlah dahsyat. Contoh game yang dibuat dengan
engine ini sendiri seperti Battlefield 3, Need For Speed The Run, Dll. Namun
game engine ini tidak mendukung dengan DX 9, dan juga Windows XP. Tetapi dapat
dimaklumi, karena engine ini menggunakan DX 11 secara maksimal, sayapun dibuat
kagum akan grafik dahsyat yang ditampilkan dari awal Battlefield 3 dimulai.
Unity 3D
Aplikasi
ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game yang paling populer tapi beda
jurusan sama Game Maker. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa
scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang sudah mahir. Keuntungan ialah
gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti cetar membahana tapi sayang,
aplikasi ini membutuhkan script yang tentu saja repot.
FPS Creator
Bila
anda ingin membuat game seperti Point Blank, Counter Strike, Call of Duty, dll
maka anda cocok memakai aplikasi ini karena memang dikhususkan untuk membuat
game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus
game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan
grafik.
Sumber :
http://gilangraden.blogspot.com/2012/03/pengantar-teknologi-game.html
http://farridwirayuda.wordpress.com/aplinet/perkembangan-it-information-technology/
http://try4rt.blogspot.com/2010/03/konsep-teknologi-game.html
http://www.gaptekupdate.com/2013/02/10-software-pembuat-game-terbaik/
http://danielim7.blogspot.com/2013/10/5-aplikasi-pembuat-game-terbaik.html
Comments
Post a Comment